Pragmata Institute

trace intermediary member

Pragmata is certified by Trace

 

Jenis-Jenis Porifera

Jenis-Jenis Porifera

Sebagaimana yang aku tahu, Kingdom Hewan / Kingdom Animalia terdiri dari 2 keluarga besar. Keluarga pertama ialah kelompok Vertebrata yang cirinya memiliki tulang belakang. Species kelompok berikut memiliki 5 kelompok yang lebih kuntet lagi. Nah, kelompok yang kedua merupakan kelompok invertebrata adalah rupa kelompok hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Bentuknya bermacam-macam,, ada yang lunak, siap yang kakinya berbuku-buku / ada yang tubuhnya berpori pori yang disebut porifera. Invertebrata sendiri memiliki 8 jenis filum yang berbeda-beda tergantung mulai bagaimana tokoh hewan ini. Kali ini, kalian akan mengulas beberapa filum yang mesti Anda tahu lebih lanjut. Lalu ialah daftarnya.

 

Yang perdana ialah porifera. Hewan macam ini memiliki lubang-lubang mendalam pada tubuhnya yang bisa dilewati sebab air. Filum ini adalah makhluk multisel yang menyimpangkan dasar & pertama. Umumnya ditemukan di air, rutin di uap laut. Untuk klasifikasi porifera sendiri terdiri dari 3 kelas yakni Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae.

 

Yang kedua adalah Coelenterata. Diambil atas bahasa Yunani, Coilos yang artinya rongga dan enteron yang menandakan usus. Coelenterata sendiri merupakan hewan yang memiliki tubuh berongga. Berisi dari 3 kelas, adalah Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa. Contoh terkenalnya adalah ubur-ubur

 

Filum ketiga ialah filum Platyhelminthes. Seri filum itu diambil daripada bahasa Yunani, yaitu Platys yang berarti pipih dan helminthes yang artinya cacing tambang. Namanya seorang diri menggambarkan bentuknya yang benar-benar berupa cacing pipih. Filum berikut terbagi maka 3 mutu yaitu Turbellaria, Cestoda dan Trematoda.

 

Filum yang keempat yaitu Filun Nemathelmintes. Nema sendiri diambil dari norma Yunani, Nemathos artinya yakni benang. Menjadi Nemathelmintes bermanfaat cacing untai. Bentuk tubuhnya ialah silindris serta bersegmen. Klasifikasinya sendiri terdiri mulai Nematoda dan juga Nematophora.

 

Di urutan kelima merupakan filum Annelida. Namanya terdiri dari 2 kata daripada bahasa Latin, Annulus yang artinya adalah cincin. Annelida sendiri adalah nama filum bagi cacing yang tubuhnya memiliki ruas-ruas layaknya cincin. Terdiri daripada tiga perenggan yaitu Kualitas Polychaeta, Oligochaeta, serta Hirudinae.

 

Filum nomor enam ialah filum Mollusca. Dari kaidah latin Molluscus yang mempunyai lunak. Mulai artinya pula, sudah menjalankan bagaimana susunan hewan ini. Hewan berikut bertubuh sabar, terkadang dapat bercangkang maupun tidak. Berisi dari lima kelas, yaitu kelas Polyplacophora, Gastropoda, Bivalvia, Schapoda serta Chepalopoda. Kaca terkenal merupakan cumi, kerang, dan kerang.

 

Filum ketujuh adalah filum Arthropoda, terkumpul dari dua kata ialah Arthron yaitu ruas serta podos yang berarti tangan. Ciri khasnya adalah mempunyai kaki yang berbuku-buku. Siap 5 kualitas di filum ini yakni Crustacea, Chilopoda, Diplopoda, Arachnoida, dan Insecta.

 

Filum yang terakhir merupakan Echinodermata. klasifikasi porifera dan contohnya yang menandakan duri juga derma yang artinya sisik. Berarti, fauna ini mempunyai kulit yang berduri. Klasifikasinya terdiri dari Ophiuroidea, Holothuroidea, Crinoide, Echinoidea dan Asteroidea.

 

Nah, itulah tadi perkataan 8 filum invertebrata sedari pengertian dan klasifikasi porifera hingga echinodermata. Untuk filum Chordata, hendak kita bahas di teknik yang lain akur. Tetap intensitas belajar.