Pragmata Institute

trace intermediary member

Pragmata is certified by Trace

 

Wisata Keraton Amat Lembut Cirebon: Keraton Kacirebonan

Wisata Keraton Amat Lembut Cirebon: Keraton Kacirebonan

Cirebon adalah kota yang terkenal bakal peninggalan sejarahnya. Tak bimbang tempat wisata Cirebon ternyata ramai memukau perhatian wisatawan, meskipun sekitar domestik & masih jarang menarik penglihatan wisatawan ganjil. Selain dikenal akan Keraton Kasepuhan, Cirebon ternyata memiliki tempat wisata lain yang tak malang menarik lho.

 

Pernahkah Anda mendengar mengenai Gua Sunyaragi? Ya, teritori ini ialah salah satu destinasi wisata Cirebon yang heboh didatangi wisatawan karena seri arsitektur kunonya. Gua Sunyaragi terletak yang kelurahan Sunyaragi, Kesambi Metropolis Cirebon.

 

Hamba Sunyaragi pula dikenal guna Taman Ekstrak Sunyaragi. Teritori ini dulunya dibangun sederajat peristirahatan & tempat refleksi para Superior Cirebon demi keluarganya. Hamba ini tersangkut dalam jasad cagar budaya dengan teperinci kurang lebih 15 hektar.

 

http://www.wisatacirebon.org/ unik dari tempat ini diartikan sebagai konstruksi dan komposisi bangunannya yang tampak seperti berangkal karang. Kacung ini dikarenakan dulunya tinggi gua dikelilingi oleh Luak Jati yang kini sudah mengering. Gua Sunyaragi meraup banyak dekorasi berupa riam buatan, warna berbentuk pion, patung garuda dan patung legendaris Perawan Sunti.

 

Hamba yang memerankan daya tarik wisata Cirebon yang ada merupakan unit dari Keraton Pakungwati / yang waktu ini dikenal sebagai Keraton Kasepuhan. Komplek gua terbagi memerankan dua yakni pesanggrahan hewan bagian tempat. Pesanggrahan berisi dari kamar tidur serambi, ruang mandi, kamar ibadah hewan dikelilingi sambil kolam. Seksi luar renyah bermotif susun dan mega yang terpaut unik. Namun bagian mamak gua dibilang Gua Peteng (Gua Gelap) yang gunanya adalah dalam semedi / meditasi.

 

Terdapat banyak versi tentang ilmu sejarah berdirinya Hamba ini. Menurut versi Caruban Nagari, liang ini dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen yang tak lain ialah cicit dr Sunan Bukit Jati. Bertautan peristirahatan yang ada sempat mengalami banyak renovasi dan pemeriksaan.

 

Gua Sunyaragi dibuka untuk umum pada setiap hari mulai dari pukul 08. 00 terlintas 17. 30. Harga karcis masuk diartikan sebagai kurang lebih Rp. 10000. Tdk mahal bukan untuk merasai salah satu destinasi wisata Cirebon yang Elok dan positif sejarah tersebut?